• Info #1Maju Petir Merupakan Perusahaan Penangkal Petir Terbaik di Indonesia
Beranda » Blog » penangkal petir : cara kerja, cara pasang, fungsi, dan harga (BACA SAMPAI SELESAI, ANDA AKAN PAHAM TENTANG PENANGKAL PETIR)

penangkal petir : cara kerja, cara pasang, fungsi, dan harga (BACA SAMPAI SELESAI, ANDA AKAN PAHAM TENTANG PENANGKAL PETIR)

Diposting pada 30 October 2022 oleh admin / Dilihat: 3.247 kali / Kategori: , ,

Penangkal petir, penyalur petir, atau anti petir? Manakah yang benar?

Istilah ini sering ditanyakan oleh masyarakat umum terkait kata-kata yang benar seperti apa. Dalam SNI, bahasa yang sering digunakan adalah proteksi petir. Sebenarnya inti dari cara kerja penangkal petir, penyalur petir atau anti petir adalah menyalurkan petir kedalam tanah secara sempurna sehingga tidak terjadinya kerusakan  baik terhadap manusia, struktur, dan peralatan elektronik. Dalam pengertian, penyalur petir sepertinya lebih cocok dibandingkan istilah lain. Namun istilah di masyarakat yang sangat umum adalah penangkal petir. yuk sebelum kita membahas ini lebih detail, alangkah baiknya kita membahas pengertian dari petir, sambaran petir, cara kerja penangkal petir, fungsi penangkal petir, barang yang dibutuhkan untuk membuat penangkal petir, tipe penangkal petir hingga harga penangkal petir!

  1. Apa itu petir?
    • pengertian petir
    • jenis jenis sambaran petir
  2. Pengertian penangkal petir/ penyalur petir / anti petir
  3. Cara kerja penangkal petir / penyalur petir / anti petir
  4. Tipe penangkal petir / penyalur petir / anti petir
    • penangkal petir / penyalur petir / anti petir elektrostatis
    • penangkal petir / penyalur petir / anti petir konvensional
    • penangkal petir / penyalur petir / anti petir internal surge arrester
  5. Barang – Barang yang Dibutuhkan untuk Memasang Penangkal Petir Pada Bangunan Kita
  6. Harga penangkal petir

 

  1. Apa Itu Petir?

  • Pengertian Petir

Bunyi yang sangat besar dari awan sebelum hujan yang membuat orang-orang pada kaget, itu adalah petir. Petir adalah fenomena alam yang terjadi akibat pelepasan muatan listrik baik yang terjadi dari awan ke tanah atau antar awan. tujuan utama dari sistem penangkal petir,penyalur petir atau anti petir  adalah memberikan perlindungan terhadap manusia, asset, dan peralatan terhadap kerusakan yang disebabkan oleh petir baik langsung maupun tidak langsung.

penangkal petir penyalur petir atau anti petir

penangkal petir penyalur petir atau anti petir

  • Jenis-Jenis Sambaran Petir

Dikutip dari  Noaa National Sever Storms Laboratory , Sambaran petir tidak hanya satu, Namun terbagi menjadi 2, yaitu :

    1. sambaran langsung
    2. sambaran tidak langsung

 

2. Pengertian Penangkal Petir / Penyalur Petir / Anti Petir

Penangkal petir/ penyalur petir / anti petir adalah sebuah alat yang berfungsi untuk menangkap dan menyalurkan sambaran petir hingga ke dalam grounding. Alat ini di design khusus sehingga petir tidak menyambar area lain selain langsung ke penangkal petir. Penangkal petir ada yang lokal maupun impor. Kami merekomendasikan penangkal petir impor terbaik dibandingkan dengan produk penangkal petir lokal.

 

penangkal petir bakiral

pengertian penangkal petir, contoh : penangkal petir elektrostatis bakiral

3. Cara Kerja Penangkal Petir / Penyalur Petir / Anti Petir

Secara sederhana, penangkal petir bekerja menangkap petir lalu menyalurkan arus petir kedalam tanah. Penangkal petir mengeluarkan muatan lawan dari awan sehingga menarik muatan yang didalam awan agar menyambar penangkal petir. Penangkal petir harus memiliki beberapa komponen untuk bekerja secara maksimal, diantaranya harus adanya air terminal / penangkal petir, down conductor/kabel, clamp grounding dan grounding.

  • Air Terminal / Penangkal Petir

untuk penangkal petir konvensional, air terminal biasanya berbentuk lancip seperti pipa. Sedangkan untuk penangkal petir elektrostatis, air terminal cenderung memiliki ukuran yang lebih besar karena didalam tersebut memiliki komponen yang berbeda seperti penangkal petir konvensional.

  • Down Conductor / Kabel

Salah satu komponen penangkal petir yang penting, yaitu down conductor/kabel. Kabel untuk penangkal petir bisa menggunakan kabel khusus penangkal petir atau kabel listrik. Namun, alangkah baiknya bila menggunakan kabel khusus penangkal petir.

  • Clamp Grounding

Clamp grounding ada yang bersifat permanen atau tidak permanen. Kami menyarankan menggunakan clamp grounding yang permanen yaitu exothermic welding.

  • Grounding

Grounding yang baik adalah grounding yang terbuat dari bahan tembaga murni karena memiliki bahan yang tahan korosif dan bagus untuk mengalirkan arus petir.

cara kerja penangkal petir

cara kerja penangkal petir

4. Tipe Penangkal Petir / Penyalur Petir / Anti Petir

  • Penangkal Petir Konvensional

Penangkal petir konvensional sangat cocok digunakan untuk penangkal petir untuk rumah atau area / bangunan yang tidak berukuran besar.

  • Penangkal Petir Elektrostatis

Penangkal petir elektrostatis sangat cocok untuk area yang dilindungi sangat luas atau besar. Apabila menggunakan penangkal petir konvensional maka akan sangat besar biaya yang ditimbulkan. Penangkal petir elektrostatis dapat memiliki radius hingga lebih dari 100 mtr.

  • Penangkal Petir Internal / Surge Arrester

Penangkal petir internal surge arrester terletak pada panel berfungsi untuk memproteksi alat yang berada di panel elektrikal dan alat elektronik. Surge arrester berfungsi apabila ada arus petir masuk melalui jalur listrik.

 

penangkal petir lms

Contoh Penangkal Petir Konvensional

 

contoh surge arrester

5. Barang – Barang yang Dibutuhkan untuk Memasang Penangkal Petir Pada Bangunan Kita

  1. Penangkal Petir

Pertama, kita harus memilih penangkal petir jenis apa yang ingin kita gunakan, apakah menggunakan penangkal petir elektrostatis ataupun penangkal petir konvensional.

2. Kabel

Setelah memilih jenis penangkal petir, kemudian kita harus menentukan kabel untuk penangkal petir kita. Untuk penangkal petir elektrostatis, bisa menggunakan kabel coaxial 2 x 35 mm LMS atau menggunakan kabel listrik biasa.

3. Clamp Grounding

Kemudian, kita harus menentukan clamp grounding yang ingin kita gunakan, apakah menggunakan clamp biasa atau sambungan exothermic welding.

4. Grounding

Selanjutnya, kita harus menentukan jenis grounding yang ingin kita gunakan. Apakah menggunakan grounding tembaga murni atau lapisan tembaga.

Setelah membeli peralatan diatas, maka penangkal petir siap dipasang. Pilihlah jasa penangkal petir yang berkualitas dan berpengalaman dalam bidang penangkal petir.

 

6. Harga Penangkal Petir

Harga penangkal petir berikut instalasi pemasangannya sungguh bervariasi tergantung panjang kabel, jenis penangkal petir dan jenis grounding yang ingin kita gunakan. Belum lagi faktor kualitas dari material dan instalator penangkal petirnya. Apabila instalatornya berpengalaman, maka harganya cukup tinggi dibandingkan yang tidak berpengalaman.

Untuk penangkal petir konvensional, harga material berikut instalasi penangkal petirnya, berada di kisaran 3- 6 juta rupiah. Sedangkan, untuk penangkal petir elektrostatis di kisaran 10 – 100 juta rupiah.

Nah, sekarang anda sudah paham tentang penangkal petir. Dalam tahap pemasangan jangan lupa untuk selalu mengawasi dan mengecek pekerjaan penangkal petir tersebut. Semoga artikel ini bermanfaat!

Tags: , , , , , , ,

Bagikan ke

penangkal petir : cara kerja, cara pasang, fungsi, dan harga (BACA SAMPAI SELESAI, ANDA AKAN PAHAM TENTANG PENANGKAL PETIR)


Notice: Undefined index: unapproved in /home/u908089063/domains/majupenangkalpetir.id/public_html/wp-content/themes/olzhop-per/komentar.php on line 3

Saat ini belum tersedia komentar.

Mohon maaf, form komentar dinonaktifkan pada halaman/artikel ini.

penangkal petir : cara kerja, cara pasang, fungsi, dan harga (BACA SAMPAI SELESAI, ANDA AKAN PAHAM TENTANG PENANGKAL PETIR)

Social Media
Chat via Whatsapp

Ada yang ditanyakan?
Klik untuk chat dengan customer support kami

Abdullah
● online
Abdullah
● online
Halo, perkenalkan saya Abdullah
baru saja
Ada yang bisa saya bantu?
baru saja

Produk yang sangat tepat, pilihan bagus..!

Berhasil ditambahkan ke keranjang belanja
Lanjut Belanja
Checkout
Produk Quick Order

Pemesanan dapat langsung menghubungi kontak dibawah: